Minggu, 17 Maret 2019

KOLAM PENYU UI SIMU SEMAU, KABUPATEN KUPANG-NTT

Kolam alami yang tidak terlalu luas dengan air payau jernih yang diapit rindangnya pepohonan dan batuan karang ditepi kolam. Karena tidak terlalu dalam kolam ini cukup aman untuk berenang, namun anda perluh berhati-hati karena bebatuan disekitar pinggiran dasar kolam yang licin. Di kolam ini hidup sejumlah ikan berukuran kecil-besar dan juga penyu. Penyu tersebut dipercaya sebagai jelmaan penjaga kolam. Letak kolam Uiasa hanya beberapa ratus meter dari pinggir Pantai Otan. Tempat ini sangat cocok untuk beristirahat sambil menikmati bekal yang dibawa, tapi jangan lupa tetap menjaga kebersihan. Ui simu dalam bahasa Helong berarti kolam tempat meredam singkong hutan (simu), karena dahulu setelah direndam disini selama kurang lebih 7 hari, singkong hutan yang beracun dapat dikonsumsi.  

Transportasi ke Semau menggunakan Kapal dengan biaya yang relative lebih murah dari pelabuhan bolok dengan perjalanan sekitar 10-15 menit, yang berlayar setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Khusus di hari minggu ada dua kali penyebrangan yakni pagi dan sore hari. Kita juga dapat menggunakan Perahu dengan harga perorang Rp. 25.000, untuk kendaraan dikenai biaya Rp. 50.000 termasuk penumpang, yang berlayar dari pelabuhan tenau menuju semau dari pagi jam 06.30-sampai Sore dengan lamanya perjalan sekitar 20-25 menit. Bagi yang menginginkan waktu lebih banyak untuk explor disarankan untuk menggunakan perahu.

Bagi anda yang tidak membawa kendaraan bisa menyewa kendaraan dengan harga Rp. 75.000/12 jam diluar bahan bakar. Disemau sendiri tidak ada SPBU tapi ada penjual bensin eceran dengan harga berfariasi dari Rp. 8.000-10.000/botol. Tidak terdapat penginapan sehingga, bagi yang ingin menginap bisa menumpang dirumah warga. Di daerah pantainya juga tidak ada penjual makanan jadi sebaiknya membawa makanan sendiri atau membelinya selama perjalanan. Jarak dari pelabuhan menuju kola mini memakan waktu sekitar satu jam dengan akses jalan yang tak begitu bagus.









LET'S VISIT AND KEEP CLEAN !!!!

Follow MY IG :


Nyonggalang

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search